Sabtu, 09 Juni 2018

TUGAS SOFTSKILL PENGANTAR KOMPUTASI MODERN

Nama : Ridwan Akbar Purnama
Tugas ke-3
NPM : 59414312 
Kelas : 4IA16
Dosen : Waliya Rahmawati 

 

Komputer Kuantum (Quantum Computation)

Definisi Komputer Kuantum


Komputer kuantum adalah komputer super yang menggunakan prinsip “fisika kuantum”. Komputer ini memakai processor D-Wave yang melihatkan pemanfaatan efek yang disebut dengan terowongan kuantum. Dengan komputer kuantum ini kita dapat memecahkan beberapa jenis masalah seperti matematika hanya dengan sepersekian detik. Ide pembuatan komputer kuantum ini berasal dari beberapa fisikawan antara lain Charles H. Bennett dari IBM, David Deutsch dari University of Oxford, Paul A. Benioff dari Argonne National Laboratory, Illinois, dan Richard P. Feynman dari California Institute of Technology (Caltech).

Processor D-Wave


Penamaan processor ini diambil dari perusahaan komputasi kuantum yang membuatnya yaitu oleh D-Wave Systems, Inc., yang berbasis di Burnaby, British Columbia, Kanada. D-Wave adalah perusahaan pertama di dunia yang menjual komputer kuantum.

Ide yang mendasari untuk pendekatan D-Wave muncul dari hasil eksperimen dalam fisika benda terkondensasi, dan khususnya bekerja pada anil kuantum pada magnet yang dilakukan oleh Dr. Gabriel Aeppli. Ide-ide ini kemudian disusun kembali dalam bahasa komputasi kuantum oleh fisikawan MIT Ed Farhi, Seth Lloyd, Terry Orlando dan Bill Kaminsky, yang publikasi pada tahun 2000 dan 2004 memberikan kedua model teoritis untuk perhitungan kuantum yang sesuai dengan sebelumnya bekerja dalam magnet kuantum (khususnya model komputasi kuantum adiabatik dan anil kuantum, varian temperaturnya yang terbatas), dan pengaktifan spesifik dari ide itu menggunakan superkonduksi fluks qubit yang merupakan sepupu dekat dengan desain D-Wave yang dihasilkan. Untuk memahami asal-usul banyak kontroversi di sekitar pendekatan D-Wave, penting untuk dicatat bahwa asal-usul pendekatan D-Wave untuk perhitungan kuantum muncul bukan dari bidang informasi kuantum konvensional, tetapi dari fisika materi terkondensasi eksperimental.

Satuan Pada Komputasi Kuantum

Komputer kuantum ini tidak menggunakan Bits tapi menggunakan QuBits (Quantum Bits). Qubit adalah blok rangkaian dari komputer kuantum yang akan memberikan keuntungan sangat besar. Qubit merupakan mitra dalam komputasi kuantum dengan digit biner atau bit dari komputasi klasik. Qubit adalah unit dasar informasi dalam komputer kuantum . Dalam komputer kuantum, sejumlah partikel elemental seperti elektron atau foton dapat digunakan (dalam praktek, keberhasilan juga telah dicapai dengan ion), baik dengan biaya mereka atau polarisasi bertindak sebagai representasi dari 0 dan / atau 1. Setiap partikel-partikel ini dikenal sebagai qubit, sifat dan perilaku partikel-partikel ini (seperti yang diungkapkan dalam teori kuantum ) membentuk dasar dari komputasi kuantum. Dua aspek yang paling relevan fisika kuantum adalah prinsip superposisi dan Entanglement (belitan kuantum).

Kemampuan Komputasi Kuantum

Komputer kuantum dengan processor D-Wave, dengan produk komputer kuantum Qubit D-Wave 2000Q 2000, adalah komputer kuantum paling canggih di dunia. Hal ini didasarkan pada jenis baru prosesor superkonduktor yang menggunakan mekanika kuantum untuk mempercepat perhitungan secara besar-besaran. Sangat cocok untuk mengatasi masalah pengoptimalan yang kompleks yang ada di banyak domain seperti :
  • Optimization
  • Machine learning
  • Sampling / Monte Carlo
  • Pattern recognition and anomaly detection
  • Cyber security
  • Image analysis
  • Financial analysis
  • Software / hardware verification and validation
  • Bioinformatics / cancer research

Sumber
http://www.hometekno.com/2015/12/komputer-kuantum.html
https://en.wikipedia.org/wiki/D-Wave_Systems
https://www.dwavesys.com/quantum-computing
http://galau-ferdy.blogspot.co.id/2016/04/penjelasan-pengoperasian-data-qubit.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar